Pentingnya Pendidikan Seksual untuk Remaja

Di Indonesia, pembicaraan mengenai hal-hal yang berbau seksual adalah sesuatu yang masih tabu untuk dibicarakan. Hal ini berdampak pada pendidikan seksual yang jarang untuk dibahas oleh sebagian besar masyarakat dengan alasan norma-norma yang berlaku. Para orang tua atau orang dewasa seringkali merasa risih ketika anak-anak atau remaja bertanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan seks sehingga lebih memilih untuk mengalihkan pembicaraan.

[penci_ads id=”penci_ads_1″]

Baca juga : Ketertarikan Remaja pada Konser Musik: Suara, Semangat, dan Kenangan

Masyarakat menganggap pembicaraan mengenai seks adalah sesuatu yang jorok atau terlarang untuk dibahas sebelum menikah. Padahal pendidikan seksual penting untuk diketahui sejak dini. Hal ini bisa dimulai dari keluarga terlebih dulu, terutama pada remaja akil balik yang sangat gencar dalam mengeksplorasi seksualitasnya. Walaupun seks dianggap tabu, nyatanya kebanyakan remaja pasti sudah familier dengan konotasi yang berkaitan dengan seks. Sayangnya anggapan tabu tersebut justru membuat pendidikan seks di kalangan remaja masa kini kurang terfasilitasi dengan baik oleh orang tua maupun sekolah.

[penci_ads id=”penci_ads_2″]

Apa yang Dimaksud dengan Pendidikan Seksual?

Pendidikan seksual adalah suatu informasi mengenai persoalan seksualitas manusia meliputi proses terjadinya pembuahan, kehamilan sampai kelahiran, tingkah laku seksual, hubungan seksual, dan aspek-aspek kesehatan seksual, kesiapan mental dan norma yang berlaku tentang seksualitas.

[penci_ads id=”penci_ads_3″]

Tujuan dari Pendidikan Seksual

Di masyarakat pendidikan seksual terkadang masih dianggap sebagai sesuatu yang tidak terlalu penting dan belum perlu dilakukan. Padahal pendidikan seksual merupakan salah satu hal yang seharusnya diberitahukan sedini mungkin sebab hal ini tidak hanya akan membantu mencegah kehamilan serta terjangkit penyakit menular secara seksual, tetapi juga membantu anak untuk menunda melakukan hubungan intim hingga mereka sudah benar-benar siap. Selain itu, hal ini juga bisa membantu menghindari terjadinya pelecehan maupun kekerasan seksual.

[penci_ads id=”penci_ads_4″]

Berikut beberapa tujuan pendidikan seksual bagi remaja:

  • Mencegah efek buruk dari media dan lingkungan

Saat ini semua orang semakin mudah mendapatkan akses internet dan TV untuk mendapatkan informasi dan relasi pertemanan yang lebih luas melalui beragam jenis media sosial. Orang tua yang memberikan pendidikan seksual dapat melindungi remaja dari berbagai efek negatif media informasi yang ada. Berikan juga kepada mereka pemahaman mengenai dunia pergaulan agar para remaja tidak terjerumus dalam seks bebas atau tindakan kriminal.

[penci_ads id=”penci_ads_5″]

  • Membangun kepercayaan anak dan orang tua

Terbuka dalam membahas informasi tentang seksual pada anak akan memberi orang tua kesempatan untuk memberikan pendidikan seksual yang sesuai dan akurat sehingga anak tidak akan mencari sumber sendiri yang belum tentu aman dan tepat. Anak pun akan lebih percaya dengan orang tua dan terbuka mengenai kehidupan seksualnya karena dia tahu bahwa Anda dapat diajak bicara tentang hal yang paling pribadi sekalipun.

[penci_ads id=”penci_ads_6″]

  • Menfasilitasi perkembangan dan pemahaman remaja

Membahas topik mengenai seks bisa membuat anak menyadari bahwa hal ini penting sehingga anak menjadi sadar bahwa mereka harus melindungi dan menghargai tubuhnya sendiri. Anak akan lebih mudah menyadari bahwa tidak ada yang boleh memaksanya melakukan atau menerima perlakuan buruk terhadap tubuhnya. Anak juga akan belajar untuk memilih, bersikap, dan bertanggung jawab atas apa yang dilakukannya. Seks merupakan hal yang manusiawi. Di dalamnya terkandung berbagai aspek mulai dari budaya, agama, moral, hingga konsep manusia tentang kebahagiaan. Membahasnya dengan cara baik-baik akan membuat anak Anda pada nantinya bisa melihat dunia dan diri sendiri secara beradab serta lebih bijak dalam menentukan pilihan-pilihan yang tepat.

[penci_ads id=”penci_ads_1″]

Baca juga : Hobi Gravity pada Remaja: Antara Keberanian dan Sensasi

Ternyata ada banyak hal bagus yang bisa diperoleh saat seorang anak khususnya remaja mendapatkan pendidikan seksual sedini mungkin. Jika Anda masih ragu atau bingung terkait hal ini, Anda bisa download aplikasi d’Fun Station di smartphone Anda dan konsultasikan tentang masalah ini kepada ahli yang tersedia. Dengan begitu, kita dapat bersama-sama mengatasi tabu ini dan memberikan pemahaman yang benar kepada generasi muda mengenai seksualitas.

[penci_ads id=”penci_ads_2″]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SPIN TO WIN!

  • Try your lucky to get discount coupon
  • 1 spin per email
  • No cheating
Try Your Lucky
Never
Remind later
No thanks